puting lecet saat menyusui

Pernahkan Mama mengalami nyeri hingga mengalami lecet pada puting payudara Anda saat menyusui? Hal ini memang sangat wajar apabila Mama mengalami nyeri pada saat menyusui. Namun, meskipun hal tersebut sangat wajar, Mama tidak boleh begitu saja menghiraukan hal tersebut. Terlebih lagi apabila puting lecet. Ada beberapa penyebab dan cara mengobati puting lecet pada saat menyusui. Mengalami nyeri hingga lecet pada puting payudara saat menyusui tidak hanya mengganggu saja tetapi bisa membuat Mama merasa tersiksa saat menyusui. Penyebab puting payudara lecet ini bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari alergi, infeksi jamur, dan beberapa hal yang bisa menyebabkan lecet pada payudara. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi puting lecet saat menyusui.

Kompres dengan air hangat. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan nyeri pada payudara saat menyusui si kecil. Selain bisa membuat ASI menjadi lebih lancar, mengompres dengan air hangat pada bagian puting bisa mengurangi adanya infeksi jamur yang biasanya menempel di mulut bayi. Infeksi karena jamur ini biasanya ditandai dengan adanya kemerahan pada puting payudara hingga menyebabkan gatal-gatal dan menyebabkan lecet pada puting. Cara mengobati puting lecet selanjutnya yaitu dengan mengoleskan baby oil atau minyak kelapa murni pada puting payudara. Lecet pada puting payudara Mama bisa terjadi karena permukaan pada puting yang kering sehingga membuat kulit pecah-pecah. Hal tersebut bisa terjadi apabila Mama sering menggunakan sabun mandi untuk membersihkan bagian payudara Mama. Dengan mengurangi penggunaan sabun mandi dan mengoleskannya dengan minyak kelapa murni bisa mengurangi lecet pada puting payudara saat menyusui.

Selain itu, penyebab puting lecet juga bisa disebabkan karena ASI yang dikeluarkan tidak begitu lancar sehingga membuat bayi menghisap puting dengan kencang, berharap ASI yang dikeluarkan cukup banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, mengkonsumsi susu khusus ibu menyusui sangat disarankan.

Cara Mengobati Puting Lecet Tanpa Efek Samping

Masa menyusui merupakan masa yang penting bagi para ibu dan si bayi. Karena banyaknya kandungan pada ASI yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Sehingga memberikan ASI secara langsung sangat penting. Namun, saat masa-masa menyusui, tak sedikit Mama akan merasakan nyeri bahkan lecet pada puting. Untuk mengobati puting lecet, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan. Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengobati puting yang lecet saat masa menyusui.

  1. Memilih Bra dengan Tepat

    Memakai bra yang baik dan benar merupakan salah satu cara untuk mengatasi puting yang lecet. Bra yang sempit akan membuat sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Selain itu, menggunakan bra yang sempit juga bisa membuat Mama merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, memilih ukuran dan bahan bra dengan tepat bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi lecet pada puting. Mama bisa menggunakan bra berbahan katun agar sirkulasi udara bisa lancar.

  2. Jaga Kebersihan

    Selain memilih bra dengan tepat, solusi lainnya untuk mengobati puting lecet pada saat menyusui yaitu dengan selalu menjaga kebersihan. Saat menyusui, tak jarang jamur yang terdapat pada mulut bayi akan menempel pada puting Mama. Sehingga menyebabkan puting terasa kemerahan, gatal bahkan bisa menyebabkan puting menjadi lecet. Untuk megatasi hal tersebut, Mama bisa mengganti secara rutin bantalan payudara setiap setelah menyusui. Selain itu, mengompres payudara dnegan air hangat juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan pada payudara.

  3. Rileks

    Salah satu cara untuk membuat ASI mudah keluar dan banyak yaitu menyusui dengan keadaan yang rileks dan tidak stress. Menyusui dengan keadaan stress bisa menyebabkan ASI yang dikeluarkan tidak lancar. ASI yang tidak lancar bisa membuat si bayi akan lebih agresif sehingga menyebabkan bayi menghisap puting dengan kencang dan menyebabkan puting menjadi lecet.

Menyusui dengan keadaan yang rileks, bersih dan menggunakan bra yang tepat tentu sangat penting. Mengobati puting lecet sangat mudah dengan mengetahui penyebab-penyebabnya terlebih dahulu. Selain itu, ASI yang lancar juga bisa mengurangi adanya lecet pada puting. Untuk melancarkan produksi ASI, Mama bisa mengkonsumsi susu Lactamil khusus ibu menyusui. ASI lancar, bayi senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *