pengaruh gula darah

Memang penting untuk mengerti seberapa besarkah pengaruh makanan pada peningkatan gula darah? Pasalnya, glukosa yang tinggi jelas berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh seperti timbulnya penyakit diabetes. Darah berusaha mempertahankan tingginya kadar glukosa untuk taraf tertentu dalam tubuh untuk beragam fungsi, terutama untuk fungsi sistem saraf otak. Lantas darimanakah darah memperoleh suplay gula? Pastinya dari makanan-makanan yang Anda konsumsi, terutama pada kelompok makanan yang tinggi karbohidrat. Dalam tubuh, ternyata karbohidrat dibagi menjadi sumber energi dan gula untuk darah. Jadi, seberapa besarnya asupan makanan bisa menaikkan kadar glukosa tetapi tergantung pada tipe karbohidrat dalam makanan yang kalian konsumsi, apakah makanan itu termasuk karbohidrat kompleks atau sederhana?

Kita tidak pernah bisa menentkan makanan termasuk dalam karbohidrat sederhana atau kompleks dengan mencicipinya atau adanya IG tinggi. Apabila rasanya manis, tinggalkan saja. Namun bila tidak manis, makanlah dengan porsi lebih. Tapi Anda harus berhati-hati dengan adanya persepsi tersebut karena tak semua makanan yang manis itu mempunyai IG tinggi atau sebaliknya. Contohnya buah pir dan pizza. Manakah menurut Anda yang rasanya lebih manis? Buah pir atau pizza? Pasti Anda menjawab buah pir. Tapi kenyatannya, IG pir lebih rendah ketimbang pizza. Jadi lebih aman untuk Anda konsumsi. Perbandingan IG untuk buah pir sebesar 33, sementara IG pizza sebesar 80. Makanan yang tinggi serat cenderung mempunyai IG lebih rendah. Sementara buah-buahan termasuk sumber serat yang tinggi.

Ketika jumlah gula darah Anda berlebih, hormon insulin secara aktif akan mengontrol kadar glukosa dengan menyimpan dan menyerapnya dalam otot serta hati sebagai glikogen. Pada intinya, metabolisme glukosa sangat ditentukan dari sensitivitas hormon insulin. Nah, makanan yang mengandung lemak tinggi seperti kulit ayam, gorengan dan junk food bisa mengurangi besarnya tingkat hormon insulin. Sebuah penelitian, setidaknya konsumsi omega 3 seriap harinya dengan porsi 100 gram ikan salmon bisa meningkatkan hormon insulin. Bahkan mampu menurunkan tingginya kadar trigliserida untuk penderita penyakit gula darah. Selain pada ikan salmon, ternyata omega 3 bisa kalian dapatkan pada minyak Tropicana, minyak zaitun. Sementara untuk omega 6, bisa didapatkan dari minyak jagung Tropicana dan juga kacang-kacangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *