Macam-Macam Perawatan Untuk Kelainan Di Tulang Punggung

Skoliosis adalah penyakit yang membuat tulang punggung menjadi bengkok, menjadi bentuk yang menyerupai S atau C. Penyakit ini belum diketahui pasti penyebabnya, meski studi telah menemukan bahwa genetik dan usia mempunyai peran yang cukup signifikan. Karena penyakit ini kadang tak disadari banyak orang, terkadang ketika dokter mendiagnosa, kemiringan sudah cukup parah.

Meski kelainan tulang belakang ini akan membatasi kegiatan fisik Anda, terutama yang berhubungan dengan mengangkat beban berat, penyakit ini masih bisa diatasi secara medis dengan :

1. Pengawasan Rutin

Biasanya, jika masih belum terlalu parah, dokter hanya menganjurkan untuk kontrol selama 4 bulan sekali.

2. Penyangga

Jika tulang belakang mengalami kemiringan sebesar 20 hingga 40 derajat, maka Anda disarankan untuk mengenakan penyangga. Penggunaan ini sangat disarankan terutama bagi anak-anak. Ada tipe yang harus digunakan di malam hari saja, dan ada yang harus dipakai sepanjang hari.

3. Operasi

Jika kemiringan benar-benar sudah parah, maka tak bisa tidak, Anda harus operasi. Biasanya disarankan jika penderita sudah berusia dewasa, dan kemiringan tulang bisa membahayakan organ lain seperti jantung dan paru-paru.

Selain solusi secara medis di atas, ada juga pengobatan alternatif lain yang bisa dilakukan. Pengobatan ini biasanya lebih ditekankan untuk menghilangkan rasa sakit. Contohnya adalah :

  • Olahraga ringan – kegiatan seperti berenang dan back up bisa membantu dalam meminimalisir kemiringan tulang.
  • Chiropractic – terapi fisik untuk merangsang saraf di tubuh agar bisa membantu menormalkan kembali saraf, otot, dan sendi yang terjepit. Bisa mengurangi rasa sakit, tetapi harus diberikan oleh terapis berlisensi. Anda bisa melakukannya di klinik seperti Chiroindo yang banyak ada di Jakarta.
  • Yoga – meregangkan otot, menguatkannya, dan juga mengurangi nyeri di bagian punggung.

Apapun pilihan Anda untuk pengobatan skoliosis, semua itu lebih baik daripada membiarkannya perlahan-lahan semakin parah. Jangan pernah meremehkan ketika Anda merasakan nyeri di punggung, atau ketika posisi bahu ataupun pinggul terlihat tidak seimbang. Semakin awal penyakit ini dideteksi, kemungkinan kemiringan bertambah parah semakin kecil. Ingat, jangan pernah mencoba untuk merawat sendiri tanpa bantuan dokter atau terapis berlisensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *