cek kolesterol

Cek kolesterol sekarang ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan melakukannya sendiri dirumah atau dapat pergi ke rumah sakit untuk menjalani pengecekan. Untuk melakukan pengecekan sendiri dirumah, anda dapat membeli alatnya di apotek terdekat. Beberapa permasalahan sering terjadi antara dua hal tersebut. seringkali pemeriksaan yang dijalani dirumah hasilnya tidak cocok dengan pemeriksaan yang dijalani dirumah sakit. Hal ini biasanya terjadi karena ketika menjalani pemeriksaan dirumah kita tidak terlebih dahulu menjalani puasa sehari sebelumnya. Biasanya pemeriksaan di laboratorium atau rumah sakit hasilnya akan lebih akurat dan juga spesifik. Biasanya pemeriksaan di laboratorium meliputi pemeriksaan trigliserida, LDL dan juga HDL. Yang tentunya dapat dilakukan secara terpisah dan juga bersamaan dengan bentuk hasil total kolesterol.

Untuk alat yang dapat digunakan dirumah biasanya akan lebih praktis. Yaitu hanya berupa hasil kolesterol. Sebenarnya total kolesterol terdiri dari dua faktor yaitu LDL dan juga HDL yang keduanya memiliki fungsi dan juga pengaruh yang berbeda untuk tubuh. Banyak dokter yang lebih menyarankan untuk melakukan cek kolesterol di laboratorium atau rumah sakit yang hasilnya lebih terperinci. Untuk pemeriksaan kolesterol sendiri biasanya pasien lebih dianjurkan untuk puasa sepanjang malam atau kurang lebih selama sembilan sampai dengan dua belas jam. tujuan dari puasa ini adalah agar tidak adanya pengaruh hasil dari pengecekan tersebut dengan makanan berlemak yang baru kita konsumsi.

Selain harus menjalani puasa, sebaiknya anda yang hendak menjalani cek kolesterol tidak melakukan aktivitas fisik yang berat karena biasanya tubuh yang dalam kondisi sangat lelah akan berpengaruh terhadap hasil pemeriksaan. pada saat melakukan pengecekan, darah akan diambil yang kemudian akan diukur kadar kolesterolnya. Hasil dari pengecekan tersebut akan menampilkan hasil atau informasi yang sangat akurat terkait dengan kadar kolesterol dalam tubuh kita. nantinya hasil tersebut akan dibandingkan dengan tabel klasifikasi kadar kolesterol standar yang ada didalam dunia kedokteran sehingga kadar tersebut dapat dianalisa berdasarkan tabel standar tersebut. hasil dari pemeriksaan tersebut akan dijadikan dokter sebagai cara untuk melihat kesehatan kita. dasar lain yang menjadi perhatian adalah riwayat kesehatan keluarga kita karena kolesterol yang tinggi juga bisa dikarenakan faktor keturunan.

Jika anda masih merasa takut untuk melakukan pengecekan. Maka sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sekarang ini seiring dengan perkembangan jaman anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online yaitu melalui website Konsula yang tentunya dapat diakses setiap saat. Website ini sangat membantu karena terdapat berbagai fitur kesehatan lainnya juga. Anda dapat melakukan pendaftaran cek kolesterol juga secara online sehingga anda tidak perlu pergi ke rumah sakit hanya untuk melakukan pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *