Cara menjaga kesehatan mata secara alami

Organ mata adalah salah satu dari lima indera yang sangat penting bagi manusia. Akan tetapi seringkali orang lupa atau bahkan mengabaikan pentingnya cara menjaga kesehatan mata tersebut. Akibatnya beberapa gangguan atau penyakit muncul karena kurang menjaga dan merawat kesehatan mata. Gangguan atau penyakit tersebut  misalnya mata minus, mata plus, katarak dan lain sebagainya. Mengingat bertambahnya usia kemampuan akomodasi mata semakin berkurang.

Organ mata adalah anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya. Untuk itu sudah seharusnya anda melakukan cara menjaga kesehatan mata dengan baik. Menjaga kesehatan terbilang cukup mudah serta anda dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun serta tidak membutuhkan banyak biaya. Jangan abaikan pentingnya asupan gizi yang bersumber dari buah dan sayur untuk mendukung kesehatan mata.

Berikut cara menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan, yaitu :

  • Gunakan mentimun yang telah di iris untuk mengompres mata. Sebaiknya mentimun tersebut telah ditaruh di dalam lemari es. Tutup kelopak mata anda dengan irisan mentimun tersebut selama 10 menit sebelum tidur saat malam hari. Manfaat mentimun tersebut untuk mengurangi kantung mata.
  • Perbanyak konsumsi sayuran daun hijau. Sayuran daun hijau kaya akan Lutein dan zeaxanthin yaitu karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata.
  • Perbanyak konsumsi wortel karena wortel mengandung banyak beta karoten yang mampu menjaga kesehatan dan kemampuan akomodasi pada mata. Wortel memiliki manfaat untuk meminimalisir resiko degenerasi pada manula.
  • Lakukan olahraga dan penuhi konsumsi multivitamin seperti vitamin C, B6 dan B12.
  • Apabila beraktivitas di outdoor gunakan pelindung berupa kacamata berlensa gelap yang dapat melindungi mata dari sinar UV.
  • Jangan terlalu lama menatap layar laptop atau komputer. Istirahatkan mata setelah 25 menit melihat layar laptop atau komputer. Sebaiknya pasanglah filter pada monitor agar mata tidak silau dan jaga jarak antara mata dengan layar sejauh kurang lebih 30 cm.
  • Cukupkan cahaya penerangan saat membaca buku agar kinerja otot mata tidak terlalu banyak dan tidak tegang.
  • Disarankan membaca buku dengan jarak sekitar 25 cm. Jangan terlalu dekat dalam membaca buku, karena dapat menyebabkan fungsi mata menjadi terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *