Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dengan Zwitsal

Salah satu masalah yang sering dialami oleh bayi adalah perut kembung yang mengakibatkan rasa tidak nyaman dan rewel. Perut kembung pada bayi dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti jenis makanan yang dikonsumsi oleh Bunda, makanan yang dikonsumsi si kecil, minuman selain ASI yang dikonsumsi si kecil, dan ukuran dot bayi. Jadi Bunda harus lebih teliti dan selektif untuk memberikan makanan dan minuman untuk si kecil.

Ternyata ada cara mengatasi perut kembung pada bayi yang mudah dipraktekkan dirumah sehingga Bunda tidak perlu khawatir dan bingung saat mengatasi perut kembung pada si kecil. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi perut kembung bayi:

  1. Saat menyusui, posisi kepala si kecil harus lebih tinggi dari perutnya sehingga susu yang diminum dapat segera turun ke perut.
  2. Saat menggunakan dot, posisi botol dot harus naik keatas dan tepat diatas mulut si kecil. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya gelembung udara pada ujung dot yang menyebabkan perut kembung dan dapat meringankan perut kembungnya.
  3. Setelah makan dan minum, posisikan bayi telentang beberapa menit kemudian bangunkan dengan hati-hati selama beberapa kali. Hal ini bertujuan agar bayi dapat bersendawa sehingga dapat meringankan perut kembungnya.
  4. Cara selanjutnya yaitu dengan memandikan si kecil dengan air hangat sebelum jam 5 sore kemudian pakaikan baju hangat yang nyaman untuk bayi. Jangan lupa untuk memberikan minyak kayu putih atau minyak telon zwitsal yang memberikan kehangatan yang pas untuk si kecil.
  5. Gunakan dot bayi yang memiliki ukyran lubang yang pas sehingga aliran susu dapat berjalan dengan lancar. Aliran susu yang tersendat dapat memberikan peluang masuknya udara lebih besar sehingga menyebabkan perut kembung pada si kecil.
  6. Cara mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan melakukan pemijatan secara benar. Bunda dapat mengusapkan minyak kayu putih zwitsal sebelum memijat tubuh si kecil agar peredaran darah semakin lancar.

Semua cara diatas dapat Bunda praktekkan untuk mengatasi perut kembung yang sering dialami oleh bayi sehingga bayi sering rewel dan susah untuk ditenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *